Tips Menambah Berat Badan Anak yang Efektif

Tips Menambah Berat Badan Anak yang Efektif

Parenting

Menambah berat badan adalah salah satu kunci pertumbuhan anak-anak hingga berat badannya optimal. Apalagi jika anak ternyata mengalami kekurangan berat badan. Berat badan anak bertambah saat mereka tumbuh dan berkembang. Namun, ada anak yang tidak mengalami kenaikan berat badan sehingga penting untuk mengetahui tips menambah berat badan anak untuk memperbaiki kondisinya.

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak

yang terlalu kurus atau kekurangan berat badan sebenarnya dapat menyebabkan cacat perkembangan atau kegagalan perkembangan. Kondisi ini terjadi ketika berat badan anak tidak bertambah seiring dengan bertambahnya usianya yang harusnya sesuai dengan anak seusianya.

Hal ini kemudian menyebabkan pertumbuhan terhambat dan keterbelakangan mental. Ikatan Dokter Indonesia melaporkan bahwa satu dari tiga anak di bawah usia 5 tahun di Indonesia tidak dapat berkembang dan tumbuh sesuai dengan usianya karena kekurangan protein atau nutrisi. Untuk itu perlu dilakukan tindakan pencegahan dengan segera menambah berat badan anak-anak.

1. Pilih makanan bernutrisi

Tips menambah berat badan anak yang pertama dapat dimulai dengan memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi dan juga kaya akan kalori dan energi. Bisa memberi makan anak 3 kali makan utama dan 2 kali snack setiap hari dengan menu makanan bernutrisi. Bisa memberikan susu, daging ayam, dan makanan tinggi kalori yang sehat. Air putih sebaiknya diberikan setelah selesai makan agar tidak membuat anak kenyang.

2. Berikan snack kaya protein

Berikut beberapa ide camilan yang bisa Anda gunakan untuk menambah berat badan anak yaitu kacang-kacangan yang ditaburi di atas buah apel, pisang, dan seledri, irisan apel disajikan dengan yogurt atau keju penuh lemak, kacang-kacangan atau biji-bijian dengan buah kering, smoothie susu murni, selai kacang, dan greek yoghurt,  atau bisa juga memberikan tortilla chip, sayuran mentah, atau biskuit dengan hummus atau guacamole.

3. Tambahkan lemak pada makanan

Menambahkan lemak dan minyak ke makanan biasa bisa menjadi salah satu cara untuk menambah berat badan anak. Misalnya dengan menambahkan mentega atau margarin non-hidrogenasi, minyak sayur seperti canola atau minyak zaitun ke nasi, pasta, dan oatmeal.

Bisa juga menambahkan selai almond, selai kacang, biskuit atau panekuk. Saat mengonsumsi milkshake, mashed potato, sup, atau casserole, bisa menambahkan krim atau whipping cream. Selain menambahkan mayonaise, bisa juga menambahkan saus keju bikinan sendiri ke buah dan sayuran.

Tips menambah berat badan anak adalah memastikan untuk selalu menepati waktu jam makan setiap harinya. Buat suasana makan lebih nyaman untuk si kecil terutama makan bersama keluarga sehingga ia bisa makan lebih banyak. Bisa memberikan tambahan berupa susu formula Nutren Junior untuk anak berusia 1 hingga 10 tahun. Nutren Junior memiliki kandungan protein whey, omega 3, omega 6, DHA, 13 vitamin dan 9 mineral.