Rekomendasi Jenis Olahraga di Rumah Untuk Anak

Rekomendasi Jenis Olahraga di Rumah Untuk Anak

Kesehatan

Kebiasaan olahraga harus ditanamkan sejak dini agar ketika dewasa mereka tetap memiliki kebiasaan hidup sehat. Anda dapat mengajarkan olahraga di rumah untuk anak sesuai kemampuan usianya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan ini secara rutin.

Jenis kegiatan fisik yang bisa diajarkan atau dilatihkan kepada si kecil harus sesuai dengan usia serta perkembangan si kecil. Tidak harus terstruktur yang penting anak tetap aktif bergerak. Terutama bagi balita karena tentu saja sangat tidak mungkin melakukan aktivitas seperti badminton, basket, sepak bola, dan lainnya.

Daftar Olahraga Untuk Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Meskipun hanya di rumah saja, anak tetap dapat melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan. Berikut ini beberapa rekomendasi jenis olahraga untuk si kecil jika dilakukan di rumah, di antaranya:

  1. Lempar Bola atau Balon

Meskipun terlihat sederhana, lempar bola atau balon sangat bermanfaat melatih kemampuan motorik si kecil terutama koordinasi mata dengan tangan. Anda bisa mengajari si kecil melempar balon ke udara dan menepuk atau melemparnya kembali agar jangan sampai menyentuh lantai. Kegiatan seru ini dapat dilakukan di halaman maupun di dalam rumah.

  1. Senam

Senam merupakan salah satu jenis kegiatan menyenangkan dan seru untuk dilakukan. Anda bisa mengajak si kecil senam di pagi hari sekalian berjemur. Selain aktif dengan gerakan-gerakan senam yang seru, anak juga mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Manfaat senam adalah dapat meregangkan otot.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan permainan menyenangkan dan bisa jadi olahraga. Pilih tali ringan agar dengan mudah digenggam oleh si kecil. Anda dapat melakukannya baik di dalam rumah maupun di halaman. Aktivitas ini termasuk olahraga aerobik dan sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah serta memperbaiki kualitas tidur.

  1. Bermain Hula Hoop

Permainan ini sangat seru dilakukan bersama anak. Anda hanya membutuhkan properti berupa rotan berbentuk bulat. Pastikan ukuran hula hoop sesuai tubuh si kecil agar lebih mudah memainkannya. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan si kecil serta membakar lemak dengan efektif.

  1. Menari Mengikuti Musik

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan seperti layaknya olahraga adalah menari mengikuti musik. Manfaat menari sangat bagus untuk tubuh karena dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, stamina, serta kekuatan fisik si kecil. Otot menjadi lebih terbentuk dengan gerakan mengulang. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan anak menjadi lebih baik.

Selain melakukan olahraga, lengkapi kebutuhan nutrisi seimbang dengan memberikan asupan makanan atau minuman yang bergizi tinggi. Ditambah lagi dengan melakukan olahraga di rumah untuk anak maka tubuh si kecil pun akan jadi lebih sehat dan imun pun meningkat.