Inilah Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat dan Bermanfaat

Inilah Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat dan Bermanfaat

Lifestyle

Bagi kalian yang ingin memilih asuransi kesehatan yang tepat dan bermanfaat, jangan terlalu gegabah dan sembarangan. Pahami dulu apa saja faktor-faktor penting untuk memilih asuransi yang tepat. Di sini akan dijelaskan secara singkat mengenai cara memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Cara Memilih Asuransi yang Tepat

1. Mengetahui Hal yang Diperlukan

Ketika memutuskan untuk menggunakan asuransi kesehatan, tentu kalian harus memiliki tujuan pasti menggunakan asuransi tersebut. Apabila belum memiliki tujuan, alangkah baiknya untuk memikirkan terlebih dahulu keperluan kalian. Ini berguna untuk memilih mana pihak penyedia asuransi yang memiliki layanan sesuai bagi kalian.

Kalian juga perlu mempertimbangkan apakah kalian dan keluarga memiliki riwayat penyakit berat atau tidak. Tujuannya untuk menentukan asuransi yang dapat mencakup pengobatan penyakit tersebut, sebab tak semua asuransi bisa melakukan itu.

Meskipun tercakup asuransi, bukan berarti kalian tidak harus menjaga kesehatan, misalnya ketika kalian memiliki riwayat penyakit asam urat, jauhilah makanan pantangan asam urat. Pasti kalian tidak ingin sakit.

Lalu, pertimbangkan pula fasilitas yang kalian dapatkan saat berada di rumah sakit, apakah di kelas 3, 2, ataupun 1. Bayangkan seandainya ini terjadi, bukan mengharapkan ini terjadi. Tentu kalian tidak ingin dirawat di rumah sakit, bukan?

2. Periksa Apakah Kalian Telah Memiliki Asuransi

Bagi perusahaan besar, tentu harus diwajibkan untuk memberikan asuransi kepada karyawannya. Nah, jika kalian termasuk kriteria itu, sebaiknya periksa dulu apakah kalian diberikan asuransi kesehatan atau tidak?

Hal ini dilakukan agar tidak mubazir saat kalian mendaftarkan asuransi. Biasanya perusahaan juga menyediakan asuransi bagi seluruh anggota keluarga kalian. Fasilitasnya pun lengkap, seperti rawat inap, periksa mata, rawat jalan, biaya melahirkan, biaya operasi, dan masih banyak lagi.

3. Tentukan Anggaran yang Dialokasikan

Asuransi sangat bermacam-macam jenisnya, tergantung lembaga penyedia dan fasilitas apa saja yang disediakan. Untuk itu, pilihlah asuransi yang sesuai kebutuhan kalian dan sesuai dengan penghasilan kalian. Misalnya, untuk membayar premi asuransi tiap bulan, sisihkan terlebih dahulu penghasilan sebesar 5% atau 7%.

Ingatlah bahwa hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga dan menjamin kesehatan kalian selama hidup. Tentunya premi yang dibayarkan akan berbanding lurus dengan manfaat asuransi yang diberikan.

4. Pahami Polis Asuransi

Sebelum benar-benar mendaftar asuransi, pahami dulu polis asuransi atau ketentuan yang harus kalian setujui. Pastikan bahwa polis asuransi tersebut sesuai dengan keinginan dan harapan kalian. Jangan sampai karena kesalahan menyetujui polis, kalian jadi merugi.

Polis ini umumnya berisi hal-hal yang ditanggung asuransi, syaratnya, ketentuannya, dan hal yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan asuransi. Kalian harus paham betul isi dari polis tersebut sebelum menyetujuinya.

Sebagai rekomendasi, Rey adalah penyedia asuransi yang terpercaya dan bermanfaat. Rey juga memiliki aplikasi kesehatan bagi kalian, agar bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit. Sangat lengkap, bukan? Lindungi diri kalian dengan memiliki asuransi kesehatan dan konsultasi dokter online dengan aplikasi Rey.