Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tidak Mudah Busuk

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tidak Mudah Busuk

Others

Cara menyimpan daging di kulkas bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan supaya daging yang disimpan di kulkas tetap awet hingga 1 tahun.

Sayangnya, banyak di tengah masyarakat yang acuh akan hal tersebut. Mereka asal menyimpan daging.

Meskipun teksturnya tidak busuk, nutrisi dalam daging biasanya bisa  berkurang.

Agar yang seperti ini tidak kamu alami, ada beberapa cara untuk menyimpan daging di kulkas dengan benar. Berikut caranya :

1. Jangan dicuci

Ada baiknya daging yang belum dimasak, jangan dicuci sebelum dsimpan. Daging yang disimpan hanya menambah kandungan air di daging tersebut.

Menyimpan daging yang berair akan membuat daging mengalami freezer burn. Daging seperti ini biasanya terlihat lebih kering dibanding daging biasanya.

Mencuci daging juga membuat daging rentan terhadap kontaminasi bakteri dari tempat pencucian atau air yang digunakan untuk mencuci.

2. Segera masukkan daging ke dalam kulkas

Daging sapi maupun kambing mentah ada baiknya tidak disimpan terlalu lama di suhu normal ruangan.

Suhu tersebut membuat pertumbuhan mikroorganisme menjadi lebih pesat sehingga daging sangat rentan menjadi rumah mikroorganisme.

Ada baiknya segera memasukkan daging ke kulkas, setidaknya satu jam setelah daging dibeli.

Di suhu yang dingin, mikroorganisme yang membusukkan daging tidak bisa bekerja dengan baim. Hal tersebut membuat daging tidak mudah rusak.

3. Potong daging sebelum disimpan

Sebelum disimpan di kulkas, daging yang ingin disimpan ada baiknya dipotong terlebih dahulu menjadi bagian kecil.

Hal tersebut bertujuan agar daging lebih mudah dicairkan dan juga meminimalkan kontak daging yang belum diolah dengan tangan.

Menyimpan daging yang telah dipotong juga membuat kulkas lebih hemat dibanding membiarkan daging utuh disimpan di dalam kulkas.

4. Bungkus dengan plastik

Setelah daging dipotong menjadi beberapa bagian, bungkuslah daging menggunakan plastik supaya permukaan daging tidak kering ataupun mengalami freezer burn.

Terlebih jika daging yang disimpan mempunyai  kadar lemak tinggi. Jika  daging dibungkus dengan plastik maupun wadah tertutup lainnya pasti sangat bagus untuk daging.

Daging akan sulit terkontaminasi oleh bakteri yang berasal dari bahan makanan lain ketika disimpan di kulkas.

5. Simpan di freezer

Supaya daging lebih tahan lama dan tidak mudah busuk,  daging harus disimpan di freezer yang suhunya kurang dari -13 derajat celsius.

Trik tersebut membuat perubahan pada daging menjadi lebih sedikit. Sehingga membuat sifat daging tetap terjaga dengan baik, baik dari kualitas atau rasanya.

Selain itu, nutrisi atau sumber gizi lain di daging juga lebih bertahan. Jadi, meskipun disimpan hingga 9 bulan, daging tidak akan busuk atau berkurang nutrisinya.

Cara menyimpan daging di kulkas bisa dibilang lumayan mudah asalkan kamu tahu trik dan tipsnya. Semoga informasi di atas membantu kalian.