Apa Campuran Terbaik Untuk Menghasilkan Kopi Ala Cafe?

Apa Campuran Terbaik Untuk Menghasilkan Kopi Ala Cafe?

Others

Tahukah Anda kalau banyak bahan pelengkap secangkir kopi, yang mampu memberikan aroma unik dan rasa terbaik dari minuman tersebut. Semuanya bisa didapat di sekitar kita, bahkan dengan memanfaatkan bahan ini maka minuman buatan Anda tak kalah dengan kopi ala cafe yang sudah sangat terkenal sekalipun. Tidak percaya?

Bagi pecinta minuman yang terbuat dari biji-bijian tersebut, aroma identiknya memang sudah sangat wangi. Baik itu jenis robusta, arabika, dan jenis blended lainnya. Tapi, ketika ditambahkan campuran bahan berikut akan tercipta nuansa rasa berbeda.

5 Bahan Campuran Kopi Ala Cafe

Sebenarnya empat bahan berikut ini sudah sangat familiar di dapur, karena sering dipakai untuk memasak maupun membuat minuman lain. Jadi, Anda tidak akan dibuat bingung untuk mencari bahan-bahan tersebut mulai dari kayu manis hingga santan.

  • Kayu Manis

Bahan pertama ini sering digunakan untuk menambah aroma pada masakan, baik itu berkuah seperti soto, gulai, kari, dan sejenisnya. Hingga untuk makanan sejenis kue basah dan kue kering, karena memiliki aroma khas langsung bisa dikenali ketika dicium atau dicicipi.

Jika dipadukan dengan secangkir kopi, bisa memberikan aroma unik dimana aroma biji yang khas menjadi lebih pekat ketika dipadu dengan kayu manis. Cocok untuk pecinta kopi hitam atau kopi klasik, untuk menghilangkan kebosanan dengan aroma biji yang sudah biasa.

  • Bubuk Kokoa

Memadukan bubuk kokoa dan biji pada minuman kegemaran Anda itu, bisa menghasilkan aroma pekat pada minuman. Selain itu, kokoa akan memberikan efek relaksasi ketika dipadukan dengan bubuk biji berwarna hitam tersebut.

Cara memadukannya juga sangat mudah, yaitu mencampur kedua bubuk tersebut lalu langsung diseduh dengan air panas sesuai selera. Jika suka manis, tinggal tambahkan gula namun jika tidak maka minuman ini juga sudah mampu menghasilkan rasa pahit manis alami.

  • Kapulaga

Mungkin banyak diantara Anda yang tidak tahu, bahwa sebenarnya kapulaga bisa meminimalisir kandungan kafein di dalam minuman favorit tersebut. Sehingga, untuk penderita penyakit tertentu dilarang minum kopi terlalu banyak maka bisa menyiasatinya dengan menambahkan beberapa butir kapulaga.

  • Santan

Untuk menghasilkan tekstur dari minuman lebih kental dan rasanya creamy, bisa memadukan antara bubuk kopi dan santan. Caranya sangat mudah, yaitu menambahkan santan secukupnya pada minuman lalu aduk rata sebelum dikonsumsi.

Untuk menghindari lemak yang terlalu banyak dari santan, bisa juga dengan melakukan proses sangrai pada biji kopi dan daging buah kepala bersamaan untuk memadukan aroma kedua bahan tersebut.

  • Susu

Bahan ini sudah lama dikenal sebagai campuran berbagai minuman, karena mampu memberikan tekstur yang lebih kental dan menyempurnakan aroma sesuai yang diinginkan.

Penasaran seperti apa rasanya ketika memadukan kopi ala cafe dengan salah satu bahan di atas? Coba pilih salah satu dan rasakan sensasi berbeda ketika pertama kali meneguk minuman tersebut.