5 Kesalahan Orang Tua saat Memberikan MPASI

5 Kesalahan Orang Tua saat Memberikan MPASI

Parenting

Proses memperkenalkan makanan kepada bayi bisa dimulai sejak usianya memasuki 6 bulan. Namun tahap ini tidaklah mudah meskipun bagi sebagian orang terbilang lancar dan sangat menyenangkan. Mulai dari memperhitungkan tekstur makanan bayi, porsi, juga kandungan gizi, hingga hal-hal lain yang ternyata cukup menantang dan terbilang sulit dilakukan.

Kesalahan Pemberian MPASI

Perlu diketahui bahwa orang tua juga bisa melakukan kesalahan pada anaknya. Terutama memasuki tahap pemberian MPASI. Banyak orang tua yang melakukan kesalahan saat memberikan makanan padat kepada bayi mereka. Berikut ini adalah 5 jenis kesalahan yang paling sering dilakukan orang tua ketika memberikan MPASI pada anak:

1. Mengabaikan Kebersihan

Kesalahan pertama, orang tua sering mengabaikan faktor kebersihan pemberian makanan pada anak. Perlu dicatat bahwa bayi memiliki sistem imunitas yang masih terbilang lemah. Jangan sembarangan memberikan makanan dengan perlengkapan yang kebersihannya tidak terjaga. Selain peralatan makan, pastikan semua bahan makanan juga dalam kondisi bersih saat dikonsumsi si kecil.

2. Menerapkan Prinsip Asal Kenyang

Banyak orang tua yang menerapkan prinsip asal anak kenyang dalam proses pemberian MPASI. Padahal proses ini tidak hanya mengutamakan perut yang kenyang. Anak juga butuh kecukupan gizi dalam setiap proses makannya. Selain itu tahap makan ini juga melibatkan mental dan psikologis anak sehingga orang tua tidak bisa melakukan seenaknya saja.

3. Menggunakan Emosi

Tahap makan ini memang cukup sulit bagi bayi. Jadi bukan hal yang aneh jika bayi terkadang menolak makan dan sulit menelan makanannya. Jangan emosi dan tetaplah tenang. Sebagian besar orang tua sering menggunakan emosi dan memaksa anak untuk makan. Ini justru akan membuat anak trauma. Lebih baik ubah tekstur makanan bayi atau berikan variasi makanan lain untuk membuatnya mau makan.

4. Memberikan Distraksi pada Anak

Demi membuat anak mau makan, banyak orang tua menggunakan gadget atau mainan untuk menghibur anak. Cara ini salah besar karena gadget dan mainan adalah bentuk distraksi yang seharusnya dihindari ketika waktu makan. Sebaiknya biasakan anak untuk fokus pada makanannya sehingga lebih mudah baginya menghabiskan makanan tersebut.

5. Tidak Memperhitungkan Gizi

Kesalahan lainnya yang juga sering dilakukan orang tua saat memberikan MPASI adalah tidak memperhitungkan nilai gizi. Banyak yang berpikir untuk memberi sembarang makanan asal anak merasa kenyang. Bahkan ada juga yang menyediakan menu makanan anak tanpa memikirkan komposisi yang tepat. Jika hal ini terus berlanjut maka anak tidak akan menerima asupan gizi yang mencukupi.

Memang ada banyak hal yang harus dipikirkan saat memberikan makanan padat untuk bayi. Tak hanya kandungan gizinya, tekstur makanan bayi juga harus diperhitungkan dengan baik. Teknik pemberian makanan juga harus diperhatikan agar anak benar-benar bisa makan dengan baik dan tidak mengalami trauma.